Surabaya, beritasurabaya.net - Tim Susur Kali Surabaya menemukan tujuh lubang yang diduga rumah buaya dalam ekspedisi susur Kalimas, Minggu (25/3/2012) siang.

Menurut Direktur Lembaga Kajian Ekologi dan Konservasi Lahan Basah (Ecoton), Prigi Arisandi, yang juga Koordinator Tim Susur Kali Surabaya mengatakan, temuan itu merupakan hasil pengamatan dan pemantauan selama beberapa hari terakhi.

''Dengan adanya temuan rumah buaya, itu hal yang wajar dan tidak perlu ditakut. Ini indikator alami kalau kondisi ekosistem di Kali Surabaya masih baik,''ujarnya.

Selain menemukan rumah buaya atau lubang buaya, kata Prigi, Tim Susur Kali Surabaya juga masih banyak menemukan sampah yang dibuang di sungai dengan beragam jenis sampah.
Selain itu, Tim Susur Kali Surabaya juga memantau kualitas air Kali Surabaya khususnya di kawasan Kalimas, yang indikasinya kualitasnya sudah menurun.

Sementara dalam penyusuran di sepanjang Kali Surabaya dan Kalimas, Tim susur Kali Surabaya masih banyak menemukan industri-industri yang membuang limbahnya, langsung ke Kali Surabaya. 

Diharapkan dengan adanya ketegasan para penegak hukum perusahaan-perusahaan itu dapat ditindak tegas, bukan malah dijadikan bahan mendapatkan keuntungan oknum penegak hukum yang tidak bertanggung jawab. (wan)

0 post:

Post a Comment

berilah saran untuk ku kawan

 
Top